7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Sabtu, 19 Juni 2010

Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )

Munculnya Orang ( Tokoh ) Dari Qahthan

Pada akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari Qahthan. Orang-orang tunduk dan patuh kepadanya serta bersatu padu membelanya. Hal ini terjadi ketika zaman sudah berubah, karena itulah Imam Bukhari menyebutkannya dalam bab Taghayyuruz-Zaman.

Imam Ahmad dan Asy-Syaikhani ( Bukhari dan Muslim ) meriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Tidak akan datang hari kiamat sehingga muncul seorang laki-laki dari Qahthan yang menggiring manusia dengan tongkatnya. " ( Musnad Ahmad 18: 103 hadits nomor 9395 dengan syarah Ahmad Syakir dan dilengkapi dan disempurnakan oleh DR. Al-Husaini Abdid Majid Hasyim; Shahih Bukhari, Kitab Al-Fitan, Bab Taghayyur Az-Zaman Hatta Tu'bada Al-Autsan 13: 76; dan Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa Asyroth As-Sa'ah 18: 36 ).
Al-Qurthubi berkata, "Sabda beliau menggiring manusia dengan tongkatnya itu adalah kiasan tentang komitmen, kepatuhan, dan ketundukan manusia kepadanya, bukan tongkat yang sebenarnya. Beliau membuat perumpamaan dengan tongkat itu adalah untuk menunjukkan betapa patuhnya mereka kepadanya dan betapa berkuasanya dia atas mereka, dan penyebutannya ini juga menunjukkan kekejaman dan kebengisannya atas mereka, " ( At-Tadzkiroh: 635 ).

Saya ( Yusuf bin Abdullah ) berkata, "Ia menggiring manusia dengan tongkatnya itu hanya kiasan saja tentang kepatuhan dan ketundukan manusia terhadap perintah-perintahnya. Hanya saja apa yang dikemukakan oleh Al-Qurthubi bahwa ia kejam dan keras kepada mereka, maka hal itu bukanlah kepada semua manusia, sebagaimana yang nampak dari perkataannya, tetapi ia hanya bersikap keras kepada ahli maksiat di antara mereka, karena dia adalah seorang lelaki yang shalih, yang menghukum dengan adil. Hal ini diperkuat oleh riwayat Ibnu Hajar dari Nu'aim Ibnu Hammad bahwa ia meriwayatkan dari jalan yang kuat dari Abdullah bin Amr bahwa ia menyebut khalifah-khalifah, kemudian berkata, 'Dan laki-laki dari Qahthan.'"
Dan lagi diperkuat oleh riwayat yang diriwayatkannya dengan sanad yang bagus dari Ibnu Abbas bahwa ia berkata mengenai lelaki Qahthan itu demikian, "Dan laki-laki dari Qahthan, semuanya orang shalih. " ( Fathul-Bari 6: 535 ).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP