7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Sabtu, 19 Juni 2010

Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )

Peperangan Antara Kaum Muslimin Dan Kaum Yahudi

Di antara tanda akan datangnya hari kiamat lainnya ialah peperangan yang terjadi antara kaum muslimin dan bangsa Yahudi pada akhir zaman. Hal ini disebabkan kaum Yahudi merupakan tentara Dajjal, lantas diperangi oleh kaum muslimin yang merupakan tentara Isa alaihissalam. Hingga pohon-pohon dan batu berkata, "Wahai orang muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia!'

Kaum muslimin sebenarnya telah berperang dengan kaum Yahudi sejak zaman Nabi saw; mereka dapat mengalahkan kaum Yahudi itu dan mengusir mereka dari Jazirah Arab, sebagai pelaksanaan sabda Nabi saw:

 "Sungguh saya akan mengeluarkan kaum Yahudi dan Nasrani dari Jazirah Arab, hingga tidak ada yang saya biarkan kecuali beragama Islam. " (Shahih Muslim, Kitab Al-Jihad wa As-Sair, Bab Ijla' Al- Yahudi min Al-Hijaz 12: 92).
Tetapi peperangan ini bukan peperangan yang merupakan tanda telah dekatnya hari kiamat itu. Dan disebutkan dalam beberapa hadits shahih sabda Rasulullah saw yang memberitahukan bahwa kaum muslimin akan memerangi mereka pada waktu Dajjal telah muncul dan Nabi Isa as telah turun.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Samurah bin Jundub ra sebuah hadits yang panjang yang diucapkan Nabi saw dalam khutbah beliau pada waktu terjadi gerhana matahari. Dalam khutbah tersebut beliau menyebut-nyebut Dajjal seraya bersabda:

 "Sesungguhnya Dajjal akan mengepung kaum mukminin di Baitul-Maqdis lantas menggoncangkannya dengan keras, kemudian Allah swt membinasakan dia bersama tentaranya, sehingga pangkal dinding... Hasan Al-Asyyab (Abu Ali-Al-Hasan bin Musa Al-Asyyab Al-Baghdadi) berkata: Dan pangkal pohon-berseru atau berkata: "Wahai si mukmin . . atau wahai si muslim ini ada orang Yahudi... "Atau ia berkata, "Ini ada orang kafir, kemarilah dan bunuhlah!" Beliau berkata, "Dan hal itu tidak akan terjadi sehingga kalian melihat perkara-perkara yang menyesatkan hati kalian, dan kalian saling bertanya satu sama lain, "Apakah Nabi kalian pernah mengingatkan kepada kalian tentang hal itu?!" (Musnad Imam Ahmad 5: 16 dengan catatan pinggir Muntakhab Kanzul 'Ummal. Ibnu Hajar berkata, "Isnadnya hasan. " (Fathul-Bari 6: 610)
Imam Asy-Syaikhani meriwayatkan dari Abu Hurairah ra dari Rasulullah saw, beliau berkata:

 "Tidak akan datang hari kiamat sehingga kaum muslimin memerangi kaum Yahudi dan membunuh mereka, sehingga bersembunyilah orang-orang yahudi di belakang batu atau kayu, lantas batu atau kayu itu berkata, 'Wahai orang muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakang saya, kemarilah dan bunuhlah dia, kecuali pohon Al-Gharqad (yang tidak berbuat demikian), karena ia termasuk pohon Yahudi. " HR. Bukhari dan Muslim, dan lafal ini adalah lafal Muslim (Shahih Bukhari, Kitab Al-Jihad, Bab Qital Al-Yahudi 6: 103; Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa Asyroth As- Sa'ah 18: 44-45).
Menurut zhahir hadits di atas bahwa berbicaranya batu dan pohon serta lainnya itu adalah hakiki (sebenarnya). Hal ini disebabkan karena peristiwa berbicaranya benda-benda mati itu telah sah riwayatnya dalam beberapa hadits selain hadits peperangan dengan kaum Yahudi ini, dan hal ini telah saya bicarakan secara khusus karena termasuk salah satu tanda telah dekatnya hari kiamat.
Kalau benda-benda mati dapat berbicara pada waktu itu, maka tidaklah perlu mengartikan pembicaraan pohon dan batu itu sebagai majaz, sebagaimana pendapat sebagian ulama. Karena tidak ada dalil yang mengharuskan mengartikan lafal tersebut kepada yang bukan hakiki.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP