7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Sabtu, 19 Juni 2010

Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )


Sungai Furat ( Euphrat ) Akan Menyibak Gunung Emas

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Tidak akan datang hari kiamat sehingga sungai Furat menyingkap gunung emas yang menyebabkan orang-orang berperang karenanya, maka dari setiap seratus orang yang berperang sembilan puluh sembilan orang, dan masing-masing orang mengatakan, "Mudah-mudahan saya yang beruntung." ( Shahih Bukhari, Kitab Al-Fitan, Bab Khuruji An-Nar 13: 78; dan Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa Asyroth As-Sa'ah 18: 18 ).
Dan yang dimaksud dengan "gunung emas" di sini bukanlah minyak bumi sebagaimana pendapat Abu 'Ubaiyyah dalam ta'liqnya terhadap kitab An-Nihayah Fil Fitan (1: 208) karya Ibnu Katsir, dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1. Bahwa dalam nash hadits itu disebutkan lafal "jabal min dzahab" ( gunung emas ), sedang minyak bumi bukan emas secara hakiki, karena emas merupakan tambang yang sudah terkenal.
2. Bahwa Nabi saw memberitahukan bahwasannya air sungai itu akan menyingkap gunung emas yang dapat dilihat orang, sedang minyak bumi itu digali dari dalam bumi dari kedalaman yang amat dalam dengan menggunakan alat-alat.
3. Bahwa Nabi saw mengkhususkan Sungai Furat dengan keistimewaan ini, tanpa menyertakan laut dan sungai lain, sedang minyak bumi digali dari laut dan dari darat di berbagai tempat sebagaimana yang kita lihat.
4. Nabi saw memberitahukan bahwa orang-orang akan berperang di sisi perbendaharaan ini, dan tidak diberitakan bahwa mereka berperang ketika digalinya minyak bumi dari Furat atau lainnya, Bahkan Nabi saw melarang orang yang mendatanginya, sebagaimana disebutkan dalam riwayat lain dari Ubay bin Ka'ab ra, ia berkata, "Manusia senantiasa berselisih dan bersitegang urat leher dalam mencari kekayaan duniawi..., sesungguhnya saya pernah mendengar Rasulullah saw bersabda:

"Tidak akan datang hari kiamat sehingga sungai Furat menyingkap gunung emas ( karena jernih airnya); maka barangsiapa yang datang kepadanya, janganlah ia mengambil sesuatu darinya." ( Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa Asyroth As-Sa'ah, Bab Laa Tquumu As-Sa'aru Hatta Yahsiro Al-Furot 'an Jabal min Dzahab 18:19 ).
Orang yang menafsirkan "gunung emas" ini dengan minyak bumi, maka sebagai konsekuensinya ia harus menetapkan dilarangnya mengambil minyak bumi ini ( karena dalam hadits tersebut Rasulullah saw melarang seseorang mengambil sesuatu darinya - Penj.), padahal tidak ada seorang pun yang berani mengatakan demikian. ( Vide: It-haful Jama'ah 1: 489-490 ).

Al-Hafzih Ibnu Hajar menguatkan pendapat yang mengatakan bahwa dilarangnya mengambil emas ini disebabkan hal ini dapat menimbulkan fitnah dan peperangan. (Fathul-Bari 13: 81).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP