7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Sabtu, 19 Juni 2010

Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )


Banyaknya Kematian Mendadak
Diriwayatkan secara marfu' dari Anas bin Malik ra, Rasulullah saw bersabda:

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah... banyak terjadi kematian secara mendadak." ( Al-Haitsami berkata, "Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Ash-Shaghir dan Al-Ausath dari gurunya Al-Haitsam bin Khalid Al-Mashishi, sedangkan dia itu dha'if." Majma'uz-Zawaid 7: 325. Al-Albani berkata, "Hasan." Dan beliau menyebutkan orang-orang yang meriwayatkannya, yaitu Ath-Thabrani dalam Al-Ausath dan Adh- Dhiya' Al-Muqaddasi. Lihat: Shahih Al-Jami' Ash-Shaghir 5: 214, hadits nomor 5775 ).
Ini merupakan kejadian yang sudah dapat disaksikan pada masa sekarang di mana banyak terjadi kematian mendadak pada manusia. Maka Anda dapat menyaksikan seseorang yang tadinya sehat dan segar bugar, tiba-tiba ia mati secara mendadak, yang sekarang diistilahkan dengan kemandegan jantung atau serangan jantung. Karena itu bagi orang yang berakal sehat, hendaklah ia sadar dan kembali serta bertaubat kepada Allah Ta'ala sebelum datangnya kematian secara mendadak.
Imam Bukhari rahimahullah pernah berkata:
"Peliharalah keutamaan rukukmu pada waktu senggang
Sebab, boleh jadi kematianmu akan datang secara tiba-tiba
Betapa banyaknya orang yang sehat dan segar bugar
Lantas meninggal dunia dengan tiba-tiba. "

Ibnu Hajar berkata, "Sungguh ajaib, bahwa kematian secara mendadak ini juga menimpa beliau -Imam Bukhari- sendiri." ( Hadyus-Sari Muqaddimah Fathul-Bari, halaman 481, oleh Al-Hafizh Ahmad Ibnu Hajar Al-'Asqalani, dengan ikhraj dan tashhih oleh Muhibbuddin Al-Khatib, dicetak oleh Qushay Muhibbuddin Al-Khathib, dipublikasikan dan dibagi-bagikan oleh Riasah Idaratil Buhutsil Ilmiyyah wal Ifta' , Riyadh ).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP