7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Minggu, 30 Mei 2010

Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )

Banyaknya Jumlah Wanita dan Sedikitnya Kaum Pria

Anas ra berkata, "Sungguh aku ingin menyampaikan kepada Anda suatu hadits yang tidak akan disampaikan kepada Anda oleh seorang pun sesudahku, yaitu aku mendengar Rasulullah saw bersabda:

"Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah sedikitnya ilmu ( tentang Ad-Din), merajalelanya kebodohan dan perzinaan, banyaknya kaum wanita, dan sedikitnya kaum laki-laki, sehingga bagi limapuluh orang wanita hanya terdapat satu orang pengusus ( laki-laki )." ( Shahih Bukhari, Kitab Al-Ilm, Bab Rafi'il Ilmi wa Zhuhuril Jahli 1: 178; shahih Muslim, Kitab Al-Ilm, Bab Raf’il Ilmi wa Qabdhihi wa Zhuhuril Jahli wal Fitan Fi Akhiriz Zaman 16: 221 ; dan Jami' ; At-Tirmidzi, Bab Maa Jaa-a Fii Asyrothis Sa'ah 6: 448, hadits nomor 2301 ).
Ada yang mengatakan bahwa hal ini disebabkan banyaknya fitnah, lalu terjadi banyak peperangan dan banyak kaum lelaki yang terbunuh, karena merekalah pada umumnya yang menjadi pelaku ( pasukan ) perang, bukan kaum wanita. ( Vide: At-Tadzkiroh: 639; Syarah Muslim oleh An-Nawawi 7: 96-97; dan Fathul-Bari 1: 179 ).
Dan ada pula yang mengatakan bahwa hal itu disebabkan banyaknya penaklukan, sehingga banyak pula wanita tawanan, dan dengan demikian seorang laki-laki dapat mencampuri banyak wanita.

Ibnu Hajar berkata, "Pendapat ini perlu dikoreksi, karena dalam hadits itu disebutkan dengan kata-kata "sedikit" sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abu Musa, beliau berkata:
" … sedikitnya orang laki-laki dan banyaknya kaum wanita. " ( Shahih Muslim, Kitab Az-Zakat, Bab Kullu Nau'in minal Ma'rufi Shodaqoh 7: 96 ).
Menurut zhahirnya, hal ini merupakan pertanda semata-mata, bukan karena sebab lain, bahkan Allah menakdirkan bahwa pada akhir zaman nanti sedikit sekali orang yang melahirkan anak laki-laki dan banyak melahirkan anak perempuan. Dan banyaknya kaum wanita yang merupakan salah satu pertanda telah dekatnya hari kiamat itu relevan dengan merajalelanya kebodohan dan dihilangkannya ilmu ( tentang Ad-Din ). ( Fathul Bari 1: 179 ).

Saya katakan bahwa tidak tertutup kemungkinan lagi apa yang dikatakan oleh Ibnu Hajar dan yang dikatakan oleh pihak lain mengenai sebab-sebab sedikitnya kaum lelaki dan banyaknya kaum wanita, seperti adanya fitnah yang menyangkut terjadinya peperangan. Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan suatu hadits yang menunjukkan bahwa banyaknya kaum wanita dan sedikitnya kaum laki-laki itu disebabkan perginya kaum laki-laki dan tetap tinggalnya kaum wanita, yakni kaum lelaki pergi berperang dan kaum wanita tinggal di rumah. Sabda Rasul:

". . . dan pergilah kaum laki-laki dan tinggallah kaum wanita, sehingga bagi lima puluh orang wanita hanya terdapat seorang lelaki yang mengaturnya." ( Shahih Muslim, Kitab Al-Ilm, Bab Rafi'il Ilmi Wa Qabdlihi wa Zhuhuril Jahli wal Fitan 16: 221 ).
Dan kata-kata "lima puluh" di sini tidak dimaksudkan dengan jumlah atau bilangan sebanyak lima puluh, tetapi itu adalah kata-kata majaz yang berarti "banyak." Wallahu a'lam. ( Fathul-Bari 1: 179 ). Karena dalam hadits Abi Musa disebutkan:

"Dan seorang laki-laki akan diikuti oleh empat puluh orang wanita, yang dia dapat bersenang-senang dengan mereka." ( Shahih Muslim 7: 96 ).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP