7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Minggu, 30 Mei 2010

Bab I Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )


Banyaknya Tersebar Karya Tulis

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud ra dari Nabi saw, beliau bersabda:

"Sesungguhnya sebelum datangnya hari kiamat akan... tersebar qalam ( pena )."
( Musnad Ahmad 5: 333-334, hadits nomor 3870 dengan syarah Ahmad Syakir. Beliau berkata, "Isnadnya shahih." ). Yang dimaksud dengan munculnya ( tersebarnya ) pena -wallahu a'lam- ialah tersebarnya tulisan. ( Lihat Syarah Musnad Ahmad oleh Ahmad Syakir 5: 334 ).

Dan diriwayatkan oleh Ath-Thayalisi dan Nasai dari Amr bin Taghlab, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda:

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah... banyaknya pedagang dan meluasnya pengetahuan." ( Musnad Ath-Thayalisi ( Minhatul Mas'bud ) 2:112, hadits nomor 2763 dengan tertib susunan oleh As-Sa'ati; Sunan Nasai, Kitab Al-Buyu', Bab At-Tijarah 7: 244. Mengenai riwayat Nasai ini, At-Tuwaijiri mengatakan, "Isnadnya shahih menurut syarat Syaikhaini." Lihat: It-haful Jama'ah 7: 428 ).
Maknanya -wallahu a 'lam- ialah banyaknya sarana penyebar ilmu dan pengetahuan, yaitu kitab-kitab, artikel, jurnal dan buku-buku. Hal ini telah nampak dengan jelas pada zaman sekarang ini dan telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, karena banyaknya alat cetak dan fotografi yang memudahkan penyebarannya. Tetapi di balik itu telah merajalela pula kebodohan di kalangan manusia dan sedikit sekali ilmu yang bermanfaat di kalangan mereka, yaitu ilmu tentang Al-Qur'an dan As-Sunnah beserta pengamalannya. Dan banyaknya penyebaran buku ilmu pengetahuan itu tidak dapat mencukupi mereka sama sekali. ( Vide: It-haful Jama'ah 1: 428 ).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP