7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Minggu, 30 Mei 2010

Bab I Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )


Diremehkannya Sunnah-sunnah Yang Dianjurkan Oleh Islam

Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat lagi ialah munculnya sikap meremehkan syi'ar-syi'ar Allah Ta'ala, sebagaimana yang disinyalir dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud ra, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda:

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah akan muncul suatu kondisi yang pada waktu itu seseorang melewati masjid dan tidak melakukan shalat di dalamnya dua raka 'at ( shalat tahiyyatal masjid;." ( Shahih Ibnu Khuzaimah, Bab Karahiyatil Mururi Fil Masjid min Ghairi an Tushalliya Fiha wal Bayan annahu min Asyrothis Sa'ah 2: 283-384 dengan tahqiq DR. Muhammad Mushthafa Al-A'zhami, terbitan Al-Maktabal-Islami, cetakan pertama, 1391 H. Al-Albani memberi catatan kaki dengan mengatakan, "Isnadnya dha'if, tetapi hadits ini atau pada umumnya hadits-hadits yang isinya seperti ini mempunyai beberapa jalan lain." Dan beliau menyebutkan di dalam kitabnya Silsilatul Ahaditsish-shahihah, bahwa hadits ini mempunyai jalan lain dari Ibnu Mas'ud yang menjadikan kuat sanadnya. Vide: Silsilatul Ahadits Ash-Sha-hihah 2: 255, hadits nomor 649 ).
Dan dalam riwayat lain disebutkan:

"Yaitu orang melalui masjid tetapi tidak melakukan shalat di dalamnya.' ( HR. Al-Bazzar dan dishahihkan oleh Al-Haitsami dalam Majma'uz Zawaid 7:329 ).
Dan diriwayatkan juga dari Ibnu Mas'ud, ia berkata:

"Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah masjid dijadikan jalan tempat berlalu. " ( Musnad Ath-Thayalisi "Minhatul Ma'bud", Bab Maa Jaa-a Fil Fitan Al-Lati Takuunu Baina Yadai As-Sa'ah 2: 212 dengan tertib susunan oleh As-Sa'ati; dan Mustadrak Al-Hakim 4: 446. Beliau berkata, "Ini adalah hadits yang shahih isnadnya. " Adz-Dzahabi berkata, "Mauquf" ).
Diriwayatkan dari Anas secara marfu' hingga Nabi saw, beliau bersabda:

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda akan datangnya kiamat ialah. . . dijadikannya masjid-masjid sebagai jalan tempat berlalu. "
Ini merupakan sikap yang tidak benar, karena mengagungkan masjid termasuk mengagungkan syi'ar Allah Ta'ala, dan yang demikian itu merupakan tanda iman dan taqwa, sebagaimana firman Allah Ta'ala:
 
 "Dan berangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati. " ( QS Al-Hajj: 32 ).
Rasulullah saw bersabda:
 
 "Apabila salah seorang di antara kamu masuk masjid, maka janganlah ia duduk sehingga melakukan shalat dua raka 'at ( shalat tahiyyatal masjid )." ( Shahih Muslim, Kitab Shalatil Musafirima wa Qashriha, Bab Istihbab Tahiyyatil Masjid Birak'ataini wa Karahatil Julus Qabla Shalatihima wa Annaha Masy-ru'atun Fi Jami'il Auqat 5: 225-226 dengan syarah Imam Nawawi ).

Dan bencana yang lebih besar lagi ialah dijadikannya masjid sebagai tempat rekreasi dan bersenang-senang bagi orang-orang kafir setelah sebelumnya menjadi tempat untuk berdzikir dan beribadah. Hal ini telah terjadi pada masa sekarang ini pada beberapa negara Islam dan negara-negara yang berada di bawah kekuasaan pemerintahan kafir. Falaa haula walaa quwwata illaa bil-lahl 'aliyyil 'Azhiim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP