7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Minggu, 30 Mei 2010

Bab I Tanda-tanda Kiamat Kubro ( Besar )


Banyaknya Kebohongan dan Tidak Teguhnya Orang Dalam Menyampaikan Berita

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dari Nabi saw, beliau bersabda:

"Pada generasi belakangan umatku akan muncul orang-orang yang mengatakan kepadamu apa-apa yang belum pernah kamu dengar dan belum pernah didengar oleh bapak-bapak kamu sebelumnya. Karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka." ( Shahih Muslim, Al-Muqaddimah, Bab An-Nahyi 'an Ar-Riwayah 'an Adh-Dhu'afa' 1: 78 ).

Dan dalam riwayat lain dari Abu Hurairah, Nabi bersabda:

"Pada akhir zaman akan muncul pembohong-pembohong besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pemah kamu dengar dan belum pernah didengar oleh bapak-bapak kamu sebelumnya, karena itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu." ( Shahih Muslim Syarah Nawawi 1: 78-79 ).

Imam Muslim juga meriwayatkan dari Amir bin Abdah, katanya: Abdullah ( Ibnu Mas'ud ) berkata:
"Sesungguhnya syetan dapat menampakkan diri dalam bentuk seorang laki-laki, lalu datang kepada suatu kaum lantas menceritakan berita bohong kepada mereka, kemudian mereka berpisah, lalu ada di antara mereka yang berkata kepada orang lain, saya mendengar seseorang yang saya kenal rupanya tetapi tidak saya ketahui namanya berkata begini begitu. " ( Shahih Muslim, Al-Muqaddimah 1: 79 ).

Dan diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash ra, ia berkata:
"Sesungguhnya di laut ada syetan-syetan yang ditahan, yang diikat oleh Nabi Sulaiman, mereka akan keluar dan membacakan Al-Qur'an kepada manusia."
( Shahih Muslim, Al-Muqaddimah, Bab An-Nahyi 'an Ar-Riwayah 'an Adh-Dhu'afa' 1: 79-80 ).
Imam Nawawi berkata, "Maksudnya, mereka membacakan sesuatu yang bukan dari Al-Qur'an dan dikatakannya Al-Qur 'an dengan maksud untuk memperdayakan orang banyak, tetapi mereka tidak terpedaya. " ( Syarah Muslim 1: 80 ).

Alangkah banyaknya berita yang aneh-aneh pada masa sekarang ini, maka banyak pula orang yang tidak berhati-hati terhadap berita-berita bohong ini dan dalam memindahkan perkataan ( berita-berita ) tanpa menyeleksi kebenarannya. Yang demikian itu berani menyesatkan dan memfitnah orang lain. Karena itulah Nabi saw mengingatkan agar jangan membenarkan mereka begitu saja. Dan para ulama hadits telah menjadikan hadits-hadits ini sebagai dasar wajibnya bersikap kritis dan selektif dalam menukil berita atau hadits-hadits dari Rasulullah saw dan meneliti para perawinya untuk mengetahui mana yang dapat dipercaya dan mana yang tidak dapat dipercaya.
Karena banyaknya kebohongan yang terjadi pada manusia sekarang ini maka mereka tidak lagi dapat membedakan mana berita yang benar dan mana yang tidak benar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP