7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Jumat, 21 Mei 2010

Bab I Tanda-tanda Hari Kiamat Kubro ( Besar )

Munculnya Kaum Khawarij

Dan di antara fitnah yang terjadi lagi ialah munculnya kaum Khawarij yang menentang pemerintahan Ali ra. Golongan tersebut muncul setelah berakhirnya Perang Shiffin dan setelah penduduk Irak dan Syam sepakat untuk mendamaikan antara dua golongan yang bertikai. Di tengah perjalanan, Ali pulang ke Kuffah. Golongan Khawarij memisahkan diri dari beliau padahal mereka ini termasuk pasukan beliau. Lalu, mereka singgah di suatu tempat yang bernama "Harura." Jumlah mereka sebanyak 8.000 orang dan ada yang mengatakan 16.000 orang. Lalu Ali mengutus Ibnu Abbas untuk bertukar pikiran dengan mereka, kemudian sebagian mereka kembali bersama Ibnu Abbas dan mentaati Ali ra. Dan kaum Khawarij menyebarkan rumor/ berita bohong bahwa Ali telah bertaubat dari kesalahan dalam urusan pemerintahan, lalu sebagian mereka kembali mentaatinya. Kemudian Ali berpidato kepada mereka di masjid Kufah, lalu mereka berteriak-teriak di sebelah masjid "Laa hukma illaa lil-Laah' (Tidak ada hukum kecuali hukum Allah), dan mere¬ka berkata, "Engkau telah berbuat syirik dan berhukum kepada orang-orang serta tidak menghukum dengan kitab Allah!"

Lalu Ali berkata kepada mereka, "Kalian punya tiga hak kami, yaitu kami tidak akan menghalangi kalian untuk masuk masjid, tidak menghalangi kalian untuk memperoleh bagian harta rampasan, dan kami tidak akan memulai memerangi kalian selama kalian tidak melakukan kerusakan."

Kemudian mereka berhimpun menjadi satu dan membunuh setiap kaum muslimin yang melewati mereka. Pada saat itu ada seorang muslim bernama Abdullah bin Khabbab bin Art ber¬sama isterinya, lalu kaum Khawarij membunuhnya dan membelah perut isterinya serta mengeluarkan anaknya yang ada dalam kandungan. Ketika Ali mengetahui hal ini, be¬liau bertanya kepada mereka, "Siapakah yang membunuhnya?" Mereka menjawab, "Kami semua yang membunuhnya." Lalu Ali bersiap-siap untuk memerangi mereka dan bertemu mereka di Nahrawan (sebuah negeri dekat Baghdad). Selanjutnya beliau hancurkan mereka hingga tinggal sedikit yang dapat menyelamatkan diri.

Sesungguhya Nabi saw sendiri telah memberitahukan akan munculnya kelompok ini di tengah-tengah umat beliau. Hadits-hadits mengenai masalah ini telah mutawatir, di antaranya Al-Hafizh Ibnu Katsir menyebutkan lebih dari tiga puluh hadits dalam kitab-kitab Shahih, Sunan, dan Musnad (Vide: Al-Bidayah wan Nihayah 7: 290-307). Di antaranya yang diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri, ia berkata: Rasulullah saw bersabda:
“ Akan muncul satu golongan yang keluar dari kalangan kaum muslimin, mereka akan dibunuh oleh golongan yang lebih dekat kepada kebenaran di antara 2 golongan.” ( Shahih Muslim, Kitab Az Zakat Bab I’tha Al Muallafah wa Man Yukhofu ‘Ala Imanihi 7: 168 )

Dan diriwayatkan pula dari Abu Sa’id Al Khudri r.a., bahwa ketika ia ditanya tentang Al Haruriyyah ( Kaum Khawarij ), dia menjawab,” Saya tidak tahu apa Al Haruriyyah itu, tetapi saya pernah mendengar Rasulullah saw bersabda:
“ Akan muncul di kalangan ummat ini-beliau tidak mengatakan sebagian dari mereka-suatu kaum yang kamu dipandang rendah sholatmu bersama mereka. Mereka membaca Al Qur’an, tetapi bacaannya tidak melampaui kerongkongan mereka. Mereka keluar dari Ad Din ( agama ) seperti keluarnya ( melesatnya ) anak panah dari busurnya.” ( Shahih Bukhari Kitab Istitabatul Mutaddin wa Mu’anidin wa Qitailihim Bab Qathil Khawarij wal Mulhidin ba’da Iqamatil Hujjah ‘alaihim 12: 283 )

Nabi saw menyuruh memerangi Kaum Khawarij dan menjelaskan bahwa orang yang membunuh mereka itu mendapatkan pahala. Ini menunjukkan betapa rusaknya golongan ini, betapa jauhnya dari Islam, betapa besarnya bahaya yang ditimbulkan terhadap umat Islam ini dengan berbagai fitnah dan kegoncangan yang ditimbulkannya. Diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Ali r.a. ia berkata, saya mendengar Rasulullah saw bersabda:
“ Akan muncul pada akhir jaman, suatu kaum yang masih muda usianya dan dangkal pengetahuannya. Mereka mengucapkan sebaik-baik perkataan makhluk, tetapi iman mereka tidak melampaui tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah melesat dari busurnya. Maka di mana saja kamu menjumpai mereka, bunuhlah! Karena di dalam membunuh mereka itu terdapat pahala bagi siapa yang membunuhnya, pada hari kiamat.” ( Shahih Bukhari 12: 283; Shahih Muslim Kitab Az Zakat Bab At Tahridh ‘Ala Qatli Al Khawarij 7: 169 )

Imam Bukhari berkata,” Ibnu Umar memandang mereka sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling buruk. Beliau berkata,’ Sesungguhnya mereka itu suka memutarbalikkan fakta, yaitu menempatkan ayat-ayat yang turun berkenaan dengan orang kafir, mereka jadikan untuk orang-orang mukmin.’” ( Shahih Bukhari Kitab Istitabat Al Murtaddin Bab Qatl Al Khawarij 12: 283. Ibnu Hajar berkata,” sanadnya shahih.” Fathul Bari 12: 286 )

Al Hafizh Ibnu Hajar rah.a. berkata,” Bencana mereka besar sekali dan meluas sampai kepada I’tiqad mereka yang rusak, lalu mereka menolak hukuman rajam bagi pezina muhshon, mereka memotong tangan pencuri sampai ketiak ( padahal syari’at memberitahu Cuma sampai pergelangan tangan ), mereka wajibkan sholat bagi wanita yang sedang haidh, dll ( Fathul Bari 12: 285 ). Dan kaum Khawarij ini akan senantiasa ada sehingga generasi belakangan dari mereka akan menjumpai Dajjal.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP