7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Rabu, 28 Oktober 2009

KEHUJJAHAN HADITS AHAD DALAM AQIDAH ( 1 )

Pembahasan ini ada kaitannya dengan judul Tanda-tanda Hari Kiamat. Hal ini karena tanda-tanda itu banyak diterangkan dalam hadits ahad ( Dari segi datangnya, hadits terbagi menjadi 2: Mutawatir dan Ahad. Mutawatir maksudnya hadits tersebut diriwayatkan oleh banyak ulama yang tidak mungkin mereka dusta mulai dari awal sanad sampai akhir. Sedangkan hadits ahad, adalah kumpulan hadits selain mutawatir. ) Sebagian ulama terutama kalangan Mu’tazilah, kalangan ulama ushul dan mutakhirin mengatakan bahwa hadits ahad itu tidak dapat dijadikan pedoman dalam aqidah tetapi harus berdasarkan dalil yang qath’i yaitu ayat atau hadits Rasulullah saw.
Pendapat mereka ini harus ditolak sekuat-kuatnya, karena hadits yang perawinya terpercaya dan sampai kepada kita dengan sanad yang shahih, maka WAJIB DIIMANI dan DIBENARKAN, baik itu berupa hadits ahad maupun mutawatir. Inilah Madzhab para ulama salafush shalih berdasarkan perintah Allah swt:

“ Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak ( pula ) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan ( yang lain ) tentang urusan mereka. ( QS Al Ahzab: 36 )

Dan firman-Nya:

“ Taatilah Allah dan Rasul-Nya.” ( QS Ali ‘Imran: 32 )

Ibnu Hajar rah.a berkata,” Sungguh sudah terkenal perbuatan shahabat dan tabi’in dengan dasar hadits ahad dan tanpa penolakan. Maka telah sepakat mereka untuk menerima hadits ahad ini.” ( Kitab Fathul Bari 13/ 234 )

Ibnu Abil ‘Izzi berkata,” Hadits ahad, jika para umat menerima sebagai dasar amal dan membenarkannya, maka dapat memberikan ilmu yakin ( kepastian ) menurut jumhur ulama. Dan hadits ahad termasuk bagian hadits mutawatir. Sedangkan bagi kalangan ulama salaf tidak ada perselisihan dalam masalah ini.” ( Syarah Aqidah Ath Thohawi karya Ali bin Ali bin Abi Al Izz Al Hanafi )

Ketika Imam Syafi’i berkata,” Rasulullah saw telah menetapkan demikian dan demikian.” Lalu ada orang yang bertanya,” Bagaimana menurut pendapatmu?” Maka Imam Syafi’i berkata,” Maha suci Allah ! Apakah kamu melihat saya dalam bai’at, kamu melihat saya diikat? Saya berkata kepadamu, bahwa Rasulullah saw telah menetapkan, dan kamu bertanya kepadaku,’ Bagaimana pendapatmu?’” (Kitab Mukhtashar Ash Shawwa’iq Al Mursalah ala Al Jahmiyah wa Al Mu’aththilah 2/ 350 karya Ibnul Qayyim ). Kemudian Imam Syafi’i menjawab, “ Apabila saya meriwayatkan hadits shahih dari Rasulullah saw, lalu saya tidak mengambilnya, maka saya akan meminta kamu agar menjadi saksi bahwa akal saya telah hilang.”
Imam Syafi’i tidak membedakan antara hadits ahad atau mutawatir, hadits tentang aqidah ataupun amaliyah. Namun yang dibicarakannya hanya berkisar tentang shahih tidaknya suatu hadits. Imam Ahmad berkata,” Semua yang datang dari Nabi saw dengan sanad baik, maka kita tetapkan. Dan bila tidak tetap ( tidak sah ) dari Rasulullah saw dan kita tidak menerimanya, maka kita kembalikan urusan itu kepada Allah swt. Allah berfirman:

“ Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah ia. Dan apa yang dilarang-Nya bagimu, maka tinggalkanlah, dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah itu sangat keras hukuman-Nya.” ( QS Al Hasyr: 7 )

Dengan demikian, Imam Syafi’i tidak mensyaratkan kecuali keshahihan hadits ( Ittihaf Al Jama’ah ).
Ibnu Taimiyah berkata,” Hadits, apabila sudah tetap ( shahih ), semua ummat Islam sepakat wajib untuk mengikutinya.” ( Majmu Fatwa Ibnu Taimiyah 19/ 85 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP