7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Rabu, 28 Oktober 2009

HADITS NABI TENTANG PERKARA GHAIB YANG AKAN TERJADI

Rasulullah saw telah memberitahukan kejadian-kejadian yang akan terjadi hingga hari kiamat, karena Allah swt telah memperlihatkan kepada beliau tentang perkara ghaib yang akan terjadi. Dan hadits-hadits dalam pembahasan ini sangat banyak sehingga mencapai derajat mutawatir ma’nawi. ( Asy Syifa Bi Ta’rifi Ahwalil Musthofa 1:650 oleh Qadhi Iyyadh ).

Di antaranya adalah hadits riwayat Hudzaifah, ia berkata,” Rasulullah saw telah memberikan pengarahan kepada kami dengan sebuah khutbah yang tidak ada sesuatupun yang akan terjadi hingga datangnya kiamat, kecuali disebutkan tandanya, dimengerti oleh orang yang mengetahui, dan tidak dimengerti oleh orang yang tidak mengerti. Jika ada sesuatu yang pernah saya ketahui lantas saya lupa, maka saya akan mengetahuinya lagi sebagaimana seseorang mengenal orang lain lantas ia berpisah, kemudian ia bertemu lagi, tentu ia akan mengenalnya. ( Shahih Bukhari dan Fathul Bari 11/ 994, Shahih Muslim 18/ 15 ).

Dan Hudzaifah r.a. berkata,” Rasulullah saw telah menceritakan kepadaku segala yang akan terjadi hingga hari kiamat. Maka tidak ada sesuatupun melainkan saya tanyakan, kecuali masalah keluarnya penduduk Madinah dari Madinah”. ( Shahih Muslim 18/ 16 )

Dan hal itu tidak khusus kepada Hudzaifah r.a. saja, tetapi Rasulullah saw pernah berkhutbah pada suatu hari secara sempurna untuk menjelaskan kepada para shahabat segala yang akan terjadi hingga hari kiamat. Abu Zaid Amr bin Ahtab Al Anshari meriwayatkan dari Rasulullah saw, dia berkata,” Kami pernah shalat dengan Rasulullah saw pada waktu shubuh. Kemudian Beliau naik mimbar dan berkhutbah sehingga waktu dhuhur datang, dan beliau turun untuk shalat, kemudian naik mimbar dan berkhutbah lagi hingga datang waktu ashar, kemudian beliau turun dan shalat. Kemudian beliau naik mimbar dan berkhutbah hingga matahari terbenam, lalu beliau menceritakan kepadaku suatu kejadian, sehingga kami tahu dan hafal.” (Asy Syifa Bi Ta’rifi Ahwalil Musthofa 1:650 oleh Qadhi Iyyadh ).

Dan Hudzaifah bin Yaman berkata,” Demi Allah, sesungguhnya saya manusia yang paling mengetahui setiap fitnah ( kekacauan, keburukan ) yang akan terjadi, antara saya dengan hari kiamat. Dan tidak ada bagiku kecuali Rasulullah saw merahasiakan kepadaku tentang sesuatu yang tidak diceritakan kepada orang lain selainku, tetapi Rasulullah saw pernah bersabda di sebuah majelis yang saya ada di dalamnya, tentang fitnah, maka Rasulullah saw bersabda memberikan rincian tentang fitnah. Di antaranya ada tiga yang hampir kita tidak bisa menghindari, yaitu fitnah seperti angin panas, ada yang kecil dan ada yang besar. Hudzaifah r.a. berkata,” Semua golongan itu pergi selain saya.” (Shahih Bukhari dan Fathul Bari 11/ 994, Shahih Muslim 18/ 15 ).

Ini merupakan dalil yang benar, bahwa Nabi saw telah menceritakan kepada ummatnya segala yang akan terjadi sampai hari kiamat, dan tidak diragukan lagi bahwa tanda-tanda kiamat diperoleh dari hadits tentang alam ghaib. Oleh karena itu banyak hadits yang menyebutkan tanda-tanda kiamat dan diriwayatkan dengan berbagai lafazh dari para shahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP