7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Rabu, 28 Oktober 2009

MENGETAHUI HARI KIAMAT

Pengetahuan tentang hari kiamat itu perkara ghaib yang tidak dapat diketahui kecuali oleh Allah, sebagaimana yang dijelaskan oleh Al Qur’an dan Hadits.
Pengetahuan tentang kiamat adalah masalah yang dirahasiakan oleh Allah, dan tidak diperlihatkan kepada makhluk seperti malaikat, nabi dan rasul. Tidak ada satupun manusia yang mengetahui kapan hari kiamat akan terjadi, kecuali Allah swt. Rasulullah saw sering menyebut kiamat dan permasalahannya, maka banyak orang yang bertanya tentang waktu ( kapan ) terjadinya kiamat. Rasulullah menceritakan kepada mereka bahwa itu adalah masalah ghaib yang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah, dan ayat Al Qur’an diturunkan untuk menjelaskan bahwa hari kiamat itu termasuk perkara yang dirahasiakan, sebagaimana firman Allah:

“ Mereka menanyakan kepadamu ( Muhammad ) tentang kiamat, kapankah terjadinya? Katakanlah,” Sesunguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Tuhanku. Tidak ada seorangpun yang dapat menjelaskan waktu datangnya selain Dia. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu selain dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah,’ Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui !.” ( QS Al A’raaf: 187 )

Allah memerintah Nabi Muhammad saw untuk menyampaikan kepada manusia, bahwa pengetahuan tentang kiamat itu hanya Allah yang mengetahui. Tidak ada yang mengetahui datangnya kiamat, baik makhluq yang ada di bumi maupun di langit.
Allah swt berfirman:

“ Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah,’ Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu ( hai Muhammad ), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” ( QS Al Ahzab: 63 )
Allah berfirman:

“ ( Orang-orang kafir ) bertanya kepadamu ( Muhammad ) tentang hari berbangkit, kapankah terjadinya? Siapakah kamu ( maka ) dapat menyebutkan ( waktunya )? Kepada Tuhanmu-lah dikembalikan kesudahannya ( ketentuan waktunya ).” ( QS An Naazi’at: 42-44 )

Karena itu, ketika Jibril a.s. bertanya kepada Rasulullah saw tentang kiamat sebagaimana keterangan dalam hadits yang panjang, Nabi saw bersabda,” Tidaklah orang yang ditanya itu lebih mengetahui daripada orang yang bertanya.” ( Musnad Ahmad 5/ 189 hadits nomor 3556 ). Malaikat Jibril dan Nabi Muhammad saw saja tidak mengetahui kapan waktu terjadinya hari kiamat. Bahkan Nabi Isa a.s. juga tidak mengetahui kapan terjadinya kiamat, padahal turunnya Isa itu berdekatan dengan kiamat dan itu termasuk tanda-tanda kiamat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP