7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Jumat, 21 Mei 2010

Bab I Tanda-tanda Hari Kiamat Sughro ( Kecil )

Mengikuti Tata Kehidupan Umat Terdahulu

Di antara fitnah yang besar lagi ialah mengikuti tata kehidupan dan tradisi orang-orang Yahudi dan Nasrani. Sungguh telah ada sebagian kaum muslimin yang mengikuti tata kehidupan dan tradisi kaum kuffar ini, menyerupai mereka, berakhlak dan bertingkah laku seperti mereka, serta merasa kagum dan terpesona terhadap orang-orang kafir itu. Ini merupakan realisasi dari apa yang disabdakan oleh Rasulullah saw. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw, beliau bersabda:
" Tidak akan datang kiamat sehingga umatku mengambil tata kehidupan orang-orang sebelum mereka sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta. " Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, seperti orang-orang Persi dan Rum? " Beliau menjawab, "siapa lagi kalau bukan mereka ? " HR. Bukhari (Shahih Bukhari, Kitab Al-I'tisham bi Al-Kitab wa As-Sunnah, Bab Qaul An-Nabiy "Latattabi 'unna Sunanu Man Kaana Qablakum" 13: 300).
Dan menurut satu riwayat dari Abu Sa'id, katanya:
"Kami bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah orang-orang Yahudi dan Nasrani ?" Beliau menjawab, 'Siapa lagi ?'"HR. Bukhari dan Muslim (Shahih Bukha¬ri 13: 300; Shahih Muslim, Kitab Al-'Ilm, Bab Al-Aladd Al-Khashm 16: 219-220).
Ibnu Baththal berkata, "Rasulullah saw memberitahukan bahwa banyak dari umat ini akan mengikuti bid'ah-bid'ah dan hawa nafsu sebagaimana yang terjadi pada umat-umat sebelum mereka. Dan dalam banyak hadits beliau telah memperingatkan bahwa pada zaman akhir itu kondisinya sangat buruk, dan tidaklah kiamat itu terjadi melainkan atas manusia-manusia yang buruk, dan sesungguhnya Ad-Din itu hanya tegak di sisi orang-orang tertentu saja." (Fathul-Bari 13: 301).
Ibnu Hajar berkata, "Sebagian besar dari apa yang diperingatkan Rasulullah saw itu telah terjadi, dan sisanya akan terjadi selanjutnya." (Fathul-Bari 13: 301).
Pada zaman sekarang ini banyak sekali kaum muslimin yang menyerupai kaum kafir, baik bangsa Timur maupun bangsa Barat. Maka kaum pria kita menyerupai ka¬um pria kafir, wanita-wanita kita juga meniru dan menyerupai wanita-wanita kafir. Mereka terpesona dan terpukau oleh orang-orang kafir itu, sehingga ada sebagian orang yang sudah meninggalkan Islam dan berkeyakinan bahwa kemajuan dan peradaban mereka tidak sempurna kecuali dengan membuang Kitab Allah dan Sunnah Nabi saw. Barangsiapa yang mengetahui ajaran Islam yang sebenarnya maka tahulah ia bahwa pada kurun terakhir ini kaum muslimin banyak yang telah menyimpang dari ajaran dan aqidah Islam, hingga Islam bagi mereka hanya tinggal namanya. Mereka memberlakukan undang-undang dan hukum-hukum buatan orang kafir dan menjauhi syari'at Allah. Maka sangat jelaslah apa yang diidentifikasikan oleh Rasulullah saw mengenai kaum muslimin dalam mengikuti dan meniru-niru kaum kafir. Sabda beliau:
"Kamu akan mengikuti tata kehidupan orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga seandainya mereka memasuki lubang biawak niscaya kamu juga mengikutinya." (Shahih Muslim Syarah Nawawi 16: 219-220).
Imam Nawawi berkata, "Yang dimaksud dengan sejengkal, sehasta, dan lubang biawak itu hanyalah perumpamaan saja betapa (sebagian) kaum muslimin sudah mencocoki dan bersesuaian dengan kaum kafir. Dan yang dimaksud dengan kecocokkan dan kesesuaian di sini ialah dalam bermaksud dan penyimpangan, bukan sama-sama kafir. Dan ini merupakan mu'jizat Rasulullah saw yang memberitahukan tentang sesuatu yang kini telah terjadi." (Shahih Muslim Syarah Nawawi 16: 219-220).
Demikianlah, dan fitnah-fitnah itu tidak terbatas jumlah dan ragamnya. Maka fitnah wanita, cinta syahwat, cinta kedudukan, pangkat, dan kekuasaan, semuanya adalah fitnah yang sering membinasakan manusia dan menghempaskannya ke lembah kehinaan. Kita mohon kepada Allah semoga Dia memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP