7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Rabu, 28 Oktober 2009

ESENSI IMAN KEPADA HARI AKHIR DAN PENGARUHNYA ATAS PERBUATAN MANUSIA

Iman kepada hari akhir adalah termasuk rukun iman dan akidah Islam fundamental. Karena mempercayai hari kebangkitan di akhirat merupakan pilar akidah setelah mengesakan Allah Ta’ala.

Iman kepada hari akhir dan tanda-tandanya itu termasuk percaya kepada alam ghaib yang tidak dapat dijangkau oleh rasio dan tidak ada jalan lain untuk mengetahuinya kecuali melalui wahyu. Mengingat pentingnya keimanan kepada hari akhir ini, maka Allah sering menghubungkan antara iman kepada-Nya dengan iman kepada hari akhir. Sebagaimana firman-Nya:

“ Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebaktian, akan tetapi sesungguhnya kebaktian itu ialah beriman kepada Allah dan hari kemudian.” ( QS Al Baqarah: 117 )

“ Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat” ( Ath Thalaq: 2 )

Dan banyak lagi ayat-ayat lainnya. Sedikit sekali lembaran Al Qur’an yang tidak membicarakan hari akhir serta tentang pahala dan siksaan. Kehidupan menurut Islam, tidak seperti kehidupan dunia yang pendek dan terbatas. Tidak pula seperti umur manusia yang relatif terbatas.

Sesungguhnya kehidupan menurut Islam, waktunya sangat panjang, selama-lamanya dan tempatnya langgeng dalam surga yang luasnya seperti langit dan bumi. Atau, dalam neraka yang menyiksa manusia selama-lamanya. Allah swt berfirman:

“Berlomba-lombalah kamu kepada ( mendapatkan ) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya.” ( Al Hadiid: 21 )

Dan Allah berfirman:

“ Dan ingatlah akan hari yang pada hari itu Kami bertanya kepada Jahannam,’ Apakah kamu sudah penuh?’ Dia menjawab,’ Masih adakah tambahan?’”. ( QS Qaaf: 30 )

Sesungguhnya percaya kepada Allah, hari akhir, pahala serta siksaan memberi arah yang nyata terhadap perilaku manusia untuk berbuat kebaikan. Tidak ada undang-undang buatan manusia yang mampu menjadikan perilaku manusia tetap tegak dan lurus seperti beriman kepada hari akhir. Oleh karena itu, dalam masalah ini akan ada perbedaan perilaku antara orang yang tidak beriman kepada Allah dan hari akhir dengan orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta dia mengetahui bahwa dunia adalah tempat mengumpulkan bekal berupa amal shaleh untuk hari akhirat, sebagaimana firman Allah :

“ Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa.” ( QS Al Baqarah: 197 ).

Dan sebagaimana komentar shahabat Umair Ibnu Hamam r.a. ( syahid pada Perang Badar ),” Menuju kepada Allah tak ada bekal lain, kecuali taqwa, amal akhirat dan sabar karena Allah dalam perjuangan. Dan semua bekal akan habis kecuali taqwa, berbuat baik dan mencari petunjuk. ( Fiqih Al Shirah. Al Ghazali ).

Nampak perbedaan antara perilaku orang beriman dengan yang tidak beriman kepada Allah, hari akhir, pahala dan siksaan. Maka bagi orang yang mempercayai hari pembalasan dia akan berbuat dengan melihat kepada timbangan langit, bukan timbangan bumi. Dan dia akan melihat hisab akhirat dan bukan hisab dunia. Dia akan mempunyai perilaku tersendiri dalam kehidupan. Kita akan melihatnya istiqomah dan dalam berpikir, iman, tabah dalam kesulitan, sabar atas bencana demi mencari pahala dan dia mengerti bahwa apa yang ada di sisi Allah itu lebih baik dan lebih kekal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP