7. Al A'raaf : 187

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Minggu, 30 Mei 2010

Bab I Tanda-tanda Kiamat Sughro ( Kecil )


Menuntut Ilmu Kepada Orang-orang Kecil

Imam Abdullah bin Al-Mubarak meriwayatkan dengan sanadnya dari Abi Umayyah Al-Jamhi ra bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat itu ada tiga, salah satunya ialah akan dituntutnya ilmu dari Al-Ashaghir ( orang-orang kecil )." ( Kitab Az-Zuhd karya Ibnul Mubarak, halaman 20-21, hadits nomor 61 dengan tahqiq Habibur-Rahman Al-A 'zhami, Darul Kutub Al-Ilmiyyah. Al-Al¬bani berkata, "Shahih." Periksa: Shahih Al-Jami'ush-Shaghir 2: 243, hadits nomor 2203. Dan Al-Hafizh Ibnu Hajar menjadikannya syahid dalam Fathul-Bari 1: 143 ).

Imam Abdullah bin Al-Mubarak ditanya tentang al-ashaghir ( orang-orang kecil ) itu, lalu beliau menjawab, "Yaitu orang-orang yang berkata menurut pendapatnya sendiri saja ( tanpa mengacu pada Kitabullah dan Sunnah Rasul ); adapun anak muda yang orang-orang tua meriwayatkan darinya bukanlah yang dimaksud dengan shaghir ( kecil )." Dan beliau berkata juga "Ilmu datang kepada mereka dari orang-orang kecil ( rendah ) mereka, yakni ahli bid' ah." ( Hasyiyah Kitab Az-Zuhd, halaman 31, dengan tahqiq dan ta'liq Syekh Habibur-Rahman Al-A'zhami ).

Dan diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas'ud ra, ia berkata, "Manusia itu senantiasa berada dalam kebaikan selama ilmu ( agama ) yang datang kepada mereka itu dari sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw dan dari senior-senior mereka. Apabila il¬mu ( tentang Ad-Din ) itu datang kepada mereka dari orang-orang kecil mereka dan hawa nafsu mereka bersilang sengketa, maka rusaklah mereka." ( Kitab Az-Zuhd oleh Ibnul Mubarak. Imam At-Tuwaijiri berkata, "Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Kabir dan Al-Ausath, dan diriwayatkan oleh Abdur-Razzaq dalam Mushannaf-nya. dan isnadnya adalah shahih menurut syarat Muslim. Vide: It-haful Jama'ah 1: 424, dan Al-Mushannaf 11 : 246, hadits nomor 20446 dengan tahqiq Habibur-Rahman Al-A'zhami ).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini dengan bangga akan memberikan informasi dan berbagi cerita tentang Tanda - tanda hari Kiamat, sebagaimana yang telah terkabarkan di dalam Al Qur'an dan hadits Rasulullah saw. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP